Menu Close

10 Rekomendasi Disinfektan Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Di masa new normal seperti sekarang, disinfektan menjadi kebutuhan yang amat penting. Permukaan benda atau ruangan tertutup bisa menjadi sarana penularan penyakit. Oleh karena itu, saat ini banyak brand mengeluarkan produk disinfectant spray terbaru sebagai produk unggulan mereka. Namun, bagaimana cara memilih disinfektan spray yang bagus? Disinfektan apa yang aman untuk anak-anak?

Jangan khawatir, kami akan membahas disinfektan terbaik yang efektif membunuh kuman, bakteri, bahkan ampuh mencegah coronavirus. Beragam merk disinfektan spray yang bagus, seperti Saniter, Dettol, Norvus, dan PURELIZER ada di sini. Penasaran? Simak terus ulasan kami sampai habis!

Cara memilih disinfektan spray

Disinfektan adalah zat kimia yang dapat mengurangi atau menghancurkan pertumbuhan mikroorganisme parasit pada permukaan benda mati. Disinfektan tidak bisa membunuh semua organisme karena ada mikroorganisme yang resistan. Oleh karena itu, Anda perlu cermat memilih disinfektan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari simak tips memilih disinfektan spray yang tepat di bawah ini.

Ketahui bahan aktif dalam disinfektan spray

Ketahui bahan aktif dalam disinfektan spray

wiz24.co.id

Setiap produk disinfektan dibuat dengan kandungan bahan khusus untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus tertentu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali kandungan aktif dalam disinfectant spray pilihan Anda.

Para orang tua dengan newborn dan balita umumnya lebih concern terhadap bakteri penyebab penyakit yang rentan diderita anak-anak. Namun, pada masa pandemi saat ini penting untuk memastikan bahwa disinfektan Anda efektif membunuh coronavirus.

Dikutip dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), ada dua belas daftar bahan disinfektan yang ampuh untuk membunuh virus penyebab Covid-19. Berikut daftar bahan disinfektan yang dimaksud:

  1. Accelerated hydrogen peroxide (0,5%) dan Hydrogen peroxide (0,5%)
  2. Benzalkonium chloride/quaternary ammonium/alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride (0,05%)
  3. Chloroxylenol (0,12%)
  4. Ethyl alcohol atau ethanol (62%–71%)
  5. Iodine in iodophor (50 ppm)
  6. Isopropanol atau 2-propanol (50%)
  7. Pine oil (0,23%)
  8. Povidone-iodine (1%)
  9. Sodium hypochlorite (0,05%–0,5%)
  10. Sodium chlorite (0,23%)
  11. Sodium dichloroisocyanurate (0,1%–0,5%)
  12. Triclosan (0,05%)

Pilih disinfektan spray sesuai area yang ingin dibersihkan

Pilih disinfektan spray sesuai area yang ingin dibersihkan

saniter.co.id

Setelah memahami bahan disinfektan, mari pertimbangkan tujuan penggunaan disinfektan Anda. Apakah Anda ingin memakai disinfektan pada permukaan benda padat, lembut, atau disemprotkan ke udara?

Secara umum, disinfectant spray terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Disinfektan hard surface, digunakan untuk benda keras, seperti kayu, kaca, logam, dan lain-lain. 
  • Disinfektan soft surface, dipakai pada benda lembut, seperti kain, kasur, sofa, jok mobil, dan lain-lain. Disinfektan soft surface memiliki formula khusus yang tidak merusak kain.
  • Disinfektan multipurpose, umumnya dapat dipakai pada hard surface dan soft surface. Akan tetapi, beberapa multipurpose disinfectant spray bersifat aerosol sehingga bisa dipakai untuk membersihkan udara.

Perlu Anda ingat, jangan menyemprotkan disinfectant spray secara langsung pada permukaan yang kotor. Hal ini dikarenakan permukaan yang kotor akan menyerap bahan aktif disinfektan sehingga mengurangi efektivitasnya. Sebaiknya, lakukan pre-clean step untuk membersihkan kotoran terlebih dahulu, ya.

Periksa label & instruksi penggunaannya

Periksa label & instruksi penggunaannya

Kami ingatkan Anda untuk selalu mencermati label dan instruksi disinfektan sebelum membeli. Hal ini sangatlah penting karena tidak semua disinfektan mempunyai sifat yang sama.

Label dan instruksi tersebut berisi info dan cara menggunakan disinfektan yang benar. Selain itu, produk disinfektan biasanya dilengkapi informasi tambahan, misal cairan disinfektan cepat kering atau perlu dilap setelah disemprotkan atau tidak. Sedikit catatan, untuk disinfectant spray yang digunakan pada solid surface, sebaiknya Anda mencari disinfektan yang nonkorosif, ya.

Beberapa produk juga memberikan keterangan tambahan mengenai kill time dari disinfektan tersebut. Misalnya saja, Saniter yang dapat membunuh virus dan bakteri dalam 30 detik. Sementara itu, WIZ 24 bisa melindungi permukaan benda dari kuman dan bakteri hingga 24 jam ke depan.

Temukan disinfektan yang aman untuk anak-anak dan memiliki izin edar

Temukan disinfektan yang aman untuk anak-anak dan memiliki izin edar

Bahan aktif pada cairan disinfektan dapat membahayakan penggunanya, khususnya anak-anak. Bahan tersebut berisiko mengakibatkan iritasi pada kulit dan pernafasan. 

Untuk itu, pilihlah disinfectant spray berlabel ramah anak dan sudah memiliki izin edar dari Kemenkes. Anda bisa mengecek izin edar produk pilihan Anda langsung di website Info Alat Kesehatan Kemenkes. Disinfektan yang aman untuk anak umumnya bebas alkohol, bebas pewangi, dan terbuat dari bahan natural. 

Selain dua hal tersebut, sebaiknya Anda juga memperhatikan label food grade karena bayi dan balita suka menyentuh mulutnya. Anda bisa menemukan disinfektan yang aman untuk anak, seperti pada merk PURELIZER dan Momami.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

CAP LANG Eucalyptus Disinfectant Spray 1

caplang.com

CAP LANGEucalyptus Disinfectant Spray

Mulai dari Rp 76.417,00

Actress & modelMentari De MarelleSimpel, elegan, dan fun adalah hal yang tepat untuk menggambarkan Mentari De Marelle. Aktris berdarah Belgia ini telah berkecimpung di…

Cairan disinfektan dari bahan alami yang efektif membunuh kuman

Barang tambahan yang wajib dibawa ke mana-mana selama masa pandemi ini adalah Eucalyptus Disinfectant Spray dari CAP LANG ini. Sejak ada informasi bahwa virus COVID-19 bisa menyebar melalui udara, disinfectant spray ini menjadi sering saya gunakan. Hal ini terutama ketika saya berada di dalam ruangan tertutup seperti di lokasi shooting atau ketika photoshoot di studio. 

Eucalyptus Disinfectant Spray adalah produk semprotan disinfektan yang berfungsi untuk membunuh kuman, menyegarkan ruangan, dan juga menghilangkan bau dalam ruangan. Kalian bisa menggunakannya untuk permukaan benda, udara, dan ruangan. Cairan semprot multiguna ini mengandung minyak eucalyptus globulus atau minyak kayu putih yang terkenal mampu membunuh kuman dengan wangi natural.8 Rekomendasi Produk untuk COVID-19 Starter Pack

10 Rekomendasi disinfektan spray terbaik

Setelah mengetahui tips memilih disinfektan yang tepat, kali ini kami akan memberikan rekomendasi disinfektan spray terbaik. Kami telah merangkum sepuluh merek beserta harga disinfektan terbaik untuk Anda.
10Unilever Wipol Double Power Surface Disinfectant Bleach Spray 1shopee.co.idUnilever Wipol Double Power Surface Disinfectant Bleach Spray 2shopee.co.id

Unilever Wipol Double Power Surface Disinfectant Bleach Spray 1のサムネイル
Unilever Wipol Double Power Surface Disinfectant Bleach Spray 2のサムネイル

UnileverWipol Double Power Surface Disinfectant Bleach Spray

Mulai dari Rp 25.100,00

Harga hemat untuk pemakaian rumah tangga

Wipol pembersih lantai telah direkomendasikan LIPI sebagai disinfektan yang ampuh untuk menyingkirkan coronavirus. Kali ini, Wipol melengkapi produknya dengan desinfectant spray.

Disinfektan Wipol ini bisa Anda gunakan pada permukaan keras maupun lunak. Cairan disinfektannya dikemas praktis dalam botol semprot yang ergonomis. Disinfektan ini cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Untuk ukuran 500 ml, disinfektan ini cukup terjangkau harganya. 

Bahan aktifSodium hypochlorite
PenggunaanMultipurpose (tidak termasuk udara)
Efektif terhadap coronavirus
Fitur produk
Aman untuk bayi & anak-anak

9Godrej Stella Fabric Spray 1stella-airfreshener.comGodrej Stella Fabric Spray 2stella-airfreshener.com

Godrej Stella Fabric Spray 1のサムネイル
Godrej Stella Fabric Spray 2のサムネイル

GodrejStella Fabric Spray

Mulai dari Rp 21.400,00

Pembersih dan pewangi untuk perabot berbahan kain

Disinfektan biasa bersifat korosif untuk perabotan berbahan kain. Untuk disinfeksi yang maksimal pada sofa, kasur, dan perabot berbahan kain lainnya, gunakan disinfektan Stella Fabric Spray.

Spray ini bekerja ganda dengan mengatasi kuman dan bakteri sekaligus menghilangkan bau apak. Wanginya segar memanjakan dengan dua pilihan aroma. Spray ini juga tidak meninggalkan noda maupun rasa lengket pada perabotan Anda.

Bahan aktifBenzalkonium chloride
PenggunaanSoft surface
Efektif terhadap coronavirus
Fitur produkPenghilang bakteri & penetralisir bau
Aman untuk bayi & anak-anak

8

X-Mos Natural Bed Spray Day & Night 1

x-mos.com

X-MosNatural Bed Spray Day & Night

Mulai dari Rp 111.000,00

Lindungi seluruh keluarga dari ancaman bakteri dan tungau

Tak cuma bakteri dan kuman saja yang mengancam kesehatan keluarga Anda. Masih ada ancaman kesehatan lain yang diakibatkan oleh debu, jamur, dan khususnya tungau! Solusinya, gunakanlah bed spray yang satu ini.

Disinfektan khusus ini terbuat dari bahan natural yang dijamin aman untuk anak Anda. Formulanya dibuat agar antibakteri, antijamur, antijamur, dan antitungau. Wanginya juga bekerja sebagai aromaterapi yang menenangkan saat Anda tidur. Dengan spray ini, dijamin keluarga terbebas dari ancaman alergi.

Bahan aktifEssential oil
PenggunaanSoft surface
Efektif terhadap coronavirus
Fitur produkAntibacterial & antitungau, cegah jamur, kuman & alergen, menyegarkan, bahan natural
Aman untuk bayi & anak-anak

7

Godrej  Saniter Air & Surface Sanitizer 1

saniter.co.id

GodrejSaniter Air & Surface Sanitizer

Mulai dari Rp 25.000,00

Hilangkan bakteri dan virus dalam hitungan detik

Sumber penyakit tidak hanya menempel pada benda saja. Baru-baru ini, virus diindikasikan dapat bertahan di udara. Maka dari itu, Anda perlu disinfektan yang juga ampuh membersihkan udara. Pilihlah Saniter Air & Surface Sanitizer ini.

Saniter punya karakter spray yang kuat dengan butiran aerosol yang halus menyebar di udara. Aromanya cukup strong, tetapi penggunaannya praktis karena tidak perlu dilap dan tidak meninggalkan rasa lengket. Diameter botolnya juga cukup slim sehingga mudah dibawa di dalam tas Anda.

Bahan aktifAlcohol 70% & benzalkonium chloride 0,05%
PenggunaanAir & solid surface
Efektif terhadap coronavirus
Fitur produkBunuh kuman, bakteri & virus dalam hitungan detik (45 detik), tidak perlu dilap, tidak lengket
Aman untuk bayi & anak-anak

6Reckitt Benckiser Dettol All in One Disinfectant Spray 1dettol.co.idReckitt Benckiser Dettol All in One Disinfectant Spray 2dettol.co.id

Reckitt Benckiser Dettol All in One Disinfectant Spray 1のサムネイル
Reckitt Benckiser Dettol All in One Disinfectant Spray 2のサムネイル

Reckitt BenckiserDettol All in One Disinfectant Spray

Mulai dari Rp 39.000,00

Teruji klinis atasi coronavirus dan seratus macam kuman

Dapatkan perlindungan maksimal untuk Anda dan keluarga dengan Dettol All in One Disinfectant Spray. Disinfektan yang satu ini efektif mengatasi coronavirus dan seratus macam kuman. 

Disinfectant spray Dettol ini bisa Anda gunakan pada beragam jenis permukaan. Formulanya bahkan bisa mengendalikan pertumbuhan jamur dan lumut pada permukaan. Spray ini memberikan keharuman yang menyegarkan sekaligus menghilangkan kuman penyebab bau itu sendiri.

Bahan aktifEthanol 60%
PenggunaanMultipurpose (tidak termasuk udara)
Efektif terhadap coronavirus
Fitur produkKendalikan jamur & lumut, menyegarkan ruangan, tidak perlu dilap
Aman untuk bayi & anak-anak

5Wings WIZ 24 Disinfecting Spray Surface & Air 1wiz24.co.idWings WIZ 24 Disinfecting Spray Surface & Air 2wiz24.co.idWings WIZ 24 Disinfecting Spray Surface & Air 3wiz24.co.id

Wings WIZ 24 Disinfecting Spray Surface & Air 1のサムネイル
Wings WIZ 24 Disinfecting Spray Surface & Air 2のサムネイル
Wings WIZ 24 Disinfecting Spray Surface & Air 3のサムネイル

WingsWIZ 24 Disinfecting Spray Surface & Air

Mulai dari Rp 15.000,00

Disinfektan serbabisa yang memberi perlindungan 24 jam!

Disinfectant spray istimewa yang satu ini cocok untuk Anda yang menginginkan perlindungan maksimal. Satu produk ini dapat Anda gunakan pada hard surface, solid surface, maupun air surface.

Tak cuma menghilangkan biang penyakit, disinfektan WIZ 24 ini memberi perlindungan hingga 24 jam! Permukaan yang disemprot disinfektan ini dijamin aman dari kuman, bakteri, jamur, dan virus meski disentuh berkali-kali. Spray ini juga hadir dengan kemasan travel-friendly yang praktis dibawa ke mana pun.

Bahan aktifAntibacterial agent 0,3% & alcohol 60%
PenggunaanMultipurpose
Efektif terhadap coronavirus
Fitur produkMembunuh kuman, bakteri, dan jamur, perlindungan 24 jam, menyegarkan ruangan, tidak perlu dilap
Aman untuk bayi & anak-anak

4Momami Bye Bye Bacteria Disinfectant Spray 1momami.co.idMomami Bye Bye Bacteria Disinfectant Spray 2shopee.co.id

MomamiBye Bye Bacteria Disinfectant Spray

Mulai dari Rp 129.000,00

Formula disinfektan yang ramah anak

Jika Anda mencari disinfektan multipurpose yang ramah anak, kami rekomendasikan disinfectant spray Momami ini untuk Anda. Disinfektan dibuat khusus dengan tambahan bahan natural agar aman untuk bayi dan anak-anak.

Spray ini membantu mencegah penularan flu, batuk, demam, diare dan berbagai penyakit yang umum diderita anak-anak. Formulanya bebas dari pewangi, tetapi mampu menyingkirkan bau tidak sedap karena kuman.

Bahan aktifEtanol, benzalkonium chloride 0,2%
PenggunaanMultipurpose
Efektif terhadap coronavirus
Fitur produkMembunuh bakteri & virus, bahan natural, aman untuk bayi, tanpa pewangi
Aman untuk bayi & anak-anak

3Norvus Air Disinfectant Spray 1norvusmall.comNorvus Air Disinfectant Spray 2norvusmall.comNorvus Air Disinfectant Spray 3norvusmall.comNorvus Air Disinfectant Spray 4norvusmall.comNorvus Air Disinfectant Spray 5norvusmall.com

Norvus Air Disinfectant Spray 1のサムネイル
Norvus Air Disinfectant Spray 2のサムネイル
Norvus Air Disinfectant Spray 3のサムネイル
Norvus Air Disinfectant Spray 4のサムネイル
Norvus Air Disinfectant Spray 5のサムネイル

NorvusAir Disinfectant Spray

Mulai dari Rp 65.000,00

All-in-one disinfectant dengan lima varian aroma yang aman untuk anak

Satu produk untuk beragam manfaat! Norvus tidak cuma menawarkan perlindungan, tetapi juga berfungsi sebagai pengharum ruangan. Disinfektan yang satu ini ampuh menghilangkan bakteri, jamur, dan virus di mana pun.

Ingredients premiumnya ramah lingkungan dan aman bila mengenai pakaian, kulit, hingga bayi, dan anak-anak. Daya semprotnya powerful untuk menjangkau ruangan Anda. Pilihan aromanya yang fresh juga cukup banyak, lho. 

Bahan aktifEthanol 70%, N-Hexadecylpyridinium chloride monohydrate
PenggunaanMultipurpose
Efektif terhadap coronavirus
Fitur produkMembunuh kuman, bakteri, jamur, dan virus dalam hitungan detik, menyegarkan ruangan, tidak perlu dilap, tidak lengket, tidak mengandung CFC
Aman untuk bayi & anak-anak

2BioCair BioActive Anti-HFMD Pocket Spray 1biocair.com.sgBioCair BioActive Anti-HFMD Pocket Spray 2shopee.co.id

BioCair BioActive Anti-HFMD Pocket Spray 1のサムネイル
BioCair BioActive Anti-HFMD Pocket Spray 2のサムネイル

BioCairBioActive Anti-HFMD Pocket Spray

Mulai dari Rp 250.000,00

Bantu mencegah virus HFMD pada bayi dan food grade

Anak-anak dengan imun yang masih belum sempurna mudah sekali terjangkit beragam penyakit. Namun, tidak semua bahan aktif dalam disinfektan bersahabat dengan anak-anak. Terlebih jika anak Anda masih dalam fase oral, disinfektan yang telah disemprotkan berisiko tertelan, bukan?

Oleh karena itu, Anda butuh disinfektan berikut ini. Selain aman untuk anak, disinfektan ini terbukti dapat mencegah virus penyebab penyakit tangan, kaki, dan mulut (HFMD). Bahannya pun food grade sehingga tidak beracun jika tertelan oleh anak Anda.

Bahan aktifUltra pure water BC-65™
PenggunaanMultipurpose (tidak termasuk udara)
Efektif terhadap coronavirus
Fitur produkMembunuh patogen/bakteri, spora, jamur & virus (termasuk virus HFMD), nonkorosif, noniritan, nonalkohol, pH netral, tanpa pengharum & eco-friendly
Aman untuk bayi & anak-anak

1PURELIZER AntiBacterial Spray 1shopee.co.idPURELIZER AntiBacterial Spray 2shopee.co.idPURELIZER AntiBacterial Spray 3shopee.co.idPURELIZER AntiBacterial Spray 4shopee.co.id

PURELIZER AntiBacterial Spray 1のサムネイル
PURELIZER AntiBacterial Spray 2のサムネイル
PURELIZER AntiBacterial Spray 3のサムネイル
PURELIZER AntiBacterial Spray 4のサムネイル

PURELIZERAntiBacterial Spray

Mulai dari Rp 60.000,00

Perlindungan maksimal andalan para orang tua!

Cemas dengan kesehatan anak membuat Anda harus cermat dalam memilih disinfektan. Untuk perlindungan maksimal dari beragam risiko penyakit, Anda bisa mengandalkan PURELIZER AntiBacterial Spray.

Spray ini mampu melindungi dari bahaya coronavirus, tetapi tetap aman untuk anak dan food grade! Bahannya natural tanpa alkohol, wewangian, hingga risiko iritasi. Kemasannya sangat travel-friendly sehingga mudah digunakan kapan pun dan di mana pun.

Bahan aktifHypochlorous acid (HOCI)
PenggunaanMultipurpose (tidak termasuk udara)
Efektif terhadap coronavirus
Fitur produkBahan natural, nonalkohol, tanpa wewangian, tidak menyebabkan iritasi
Aman untuk bayi & anak-anak

Tabel perbandingan produk disinfektan spray terbaik

Gambar produk1PURELIZER2BioCair3Norvus4Momami5Wings6Reckitt Benckiser7Godrej8X-Mos9Godrej10Unilever
Nama produkAntiBacterial SprayBioActive Anti-HFMD Pocket SprayAir Disinfectant SprayBye Bye Bacteria Disinfectant SprayWIZ 24 Disinfecting Spray Surface & AirDettol All in One Disinfectant SpraySaniter Air & Surface SanitizerNatural Bed Spray Day & NightStella Fabric SprayWipol Double Power Surface Disinfectant Bleach Spray
KeunggulanPerlindungan maksimal andalan para orang tua!Bantu mencegah virus HFMD pada bayi dan food gradeAll-in-one disinfectant dengan lima varian aroma yang aman untuk anakFormula disinfektan yang ramah anakDisinfektan serbabisa yang memberi perlindungan 24 jam!Teruji klinis atasi coronavirus dan seratus macam kumanHilangkan bakteri dan virus dalam hitungan detikLindungi seluruh keluarga dari ancaman bakteri dan tungauPembersih dan pewangi untuk perabot berbahan kainHarga hemat untuk pemakaian rumah tangga
Harga mulai dariRp 60.000,00Rp 250.000,00Rp 65.000,00Rp 129.000,00Rp 15.000,00Rp 39.000,00Rp 25.000,00Rp 111.000,00Rp 21.400,00Rp 25.100,00
Bahan aktifHypochlorous acid (HOCI)Ultra pure water BC-65™Ethanol 70%, N-Hexadecylpyridinium chloride monohydrateEtanol, benzalkonium chloride 0,2%Antibacterial agent 0,3% & alcohol 60%Ethanol 60%Alcohol 70% & benzalkonium chloride 0,05%Essential oilBenzalkonium chlorideSodium hypochlorite
PenggunaanMultipurpose (tidak termasuk udara)Multipurpose (tidak termasuk udara)MultipurposeMultipurposeMultipurposeMultipurpose (tidak termasuk udara)Air & solid surfaceSoft surfaceSoft surfaceMultipurpose (tidak termasuk udara)
Efektif terhadap coronavirus
Fitur produkBahan natural, nonalkohol, tanpa wewangian, tidak menyebabkan iritasiMembunuh patogen/bakteri, spora, jamur & virus (termasuk virus HFMD), nonkorosif, noniritan, nonalkohol, pH netral, tanpa pengharum & eco-friendlyMembunuh kuman, bakteri, jamur, dan virus dalam hitungan detik, menyegarkan ruangan, tidak perlu dilap, tidak lengket, tidak mengandung CFCMembunuh bakteri & virus, bahan natural, aman untuk bayi, tanpa pewangiMembunuh kuman, bakteri, dan jamur, perlindungan 24 jam, menyegarkan ruangan, tidak perlu dilapKendalikan jamur & lumut, menyegarkan ruangan, tidak perlu dilapBunuh kuman, bakteri & virus dalam hitungan detik (45 detik), tidak perlu dilap, tidak lengketAntibacterial & antitungau, cegah jamur, kuman & alergen, menyegarkan, bahan naturalPenghilang bakteri & penetralisir bau
Aman untuk bayi & anak-anak
Tautan produkLihat di ShopeeLihat di TokopediaLihat di LazadaLihat di ShopeeLihat di TokopediaLihat di LazadaLihat di ShopeeLihat di TokopediaLihat di LazadaLihat di ShopeeLihat di TokopediaLihat di LazadaLihat di ShopeeLihat di TokopediaLihat di LazadaLihat di ShopeeLihat di TokopediaLihat di LazadaLihat di ShopeeLihat di TokopediaLihat di LazadaLihat di ShopeeLihat di TokopediaLihat di LazadaLihat di ShopeeLihat di TokopediaLihat di LazadaLihat di ShopeeLihat di TokopediaLihat di Lazada

Baca juga rekomendasi disinfektan lainnya di sini

Selain produk disinfectant spray, kami juga punya rekomendasi disinfektan lainnya. Silakan klik link di bawah ini untuk menemukan berbagai rekomendasi disinfektan terbaik lainnya, ya!10 Rekomendasi Disinfektan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)10 Rekomendasi Hand Sanitizer Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2021)10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)10 Rekomendasi Tisu Basah Terbaik untuk Menghilangkan Bakteri (Terbaru Tahun 2021)10 Rekomendasi Produk Dettol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)10 Rekomendasi Karbol Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)10 Rekomendasi Pembersih Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kesimpulan

Disinfektan menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan. Saat ini, banyak sekali merek disinfektan yang bisa Anda pilih. Anda hanya perlu menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelum membeli, jangan lupa untuk selalu menggunakan tips memilih dari kami. Simak juga review disinfektan yang sudah kami himpun. Semoga artikel kami membantu Anda dan jaga kesehatan selalu, ya!

WhatsApp us