Cara Lindungi Bayi Dari Gigitan Nyamuk

Merawat bayi yang baru lahir memang tidak mudah. Terutama jika Anda baru saja melahirkan anak pertama, alias baru menjadi ibu. Ada banyak hal yang harus Anda urus demi kesehatan dan kenyamanan anak. Salah satunya menjaga si kecil dari gigitan nyamuk.
Gigitan nyamuk bisa membawa berbagai virus penyakit pada anak, di antaranya adalah malaria, dan demam berdarah. Sebagai seorang ibu, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk menghindari gigitan nyamuk pada anak.
Dirangkum kumparanMom (kumparan.com) berikut penjelasannya:
1. Menjaga Kebersihan Rumah
Nyamuk suka rumah yang tidak terjaga kebersihannya. Jadi, pastikan rumah Anda bersih selalu, Moms. Rapikan barang-barang di rumah, buang yang tidak lagi dipakai, ganti seprei secara rutin, bersihkan berbagai sudut rumah yang berdebu, dan jangan lupa membersihkan mainan si kecil.
Selain itu, jangan pernah biarkan ember terbuka terisi air. Karena telur nyamuk biasanya bersarang di sana. Anda juga harus rajin membersihkan ember dan mengganti air yang ada di dalam ember.
2. Pakaikan Baju yang Tepat pada Bayi
Gigitan nyamuk pada anak. (Foto: Thinkstock)
Pakaian yang tepat juga dapat melindungi bayi dari gigitan nyamuk. Baju berlengan atau celana panjang misalnya.
Tapi Anda juga perlu memperhatikan suhu ruangan tempat bayi berada. Pastikan bayi tidak kepanasan dan pilihlah bahan baju yang dapat membuat kulitnya bernapas.
Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan baju bayi, agar kulit bayi tidak alergi dan tidak gatal-gatal.
Warna baju yang lebih cerah atau lembut seperti warna-warna pastel juga dapat mengurangi gigitan nyamuk karena nyamuk lebih tertarik dengan warna-warna gelap.
3. Beri Kelampu pada Ranjang Bayi
Anda juga dapat menutup ranjang bayi dengan kelambu ketika mereka tertidur. Pastikan kelambu terpasang dengan kuat dan pas dengan ukuran ranjangnya agar dapat melindungi dengan sempurna.
4. Gunakan Pelindung
Anak di gigit nyamuk. (Foto: Thinkstock)
Anda juga dapat memberi bayi plester, stiker atau lotion anti nyamuk khusus untuk bayi bila bayi tidak memiliki alergi.
Alternatif lain, coba gunakan minyak lavender atau sitronela. Aroma kedua tumbuhan ini tidak disukai nyamuk sehingga nyamuk enggan mendekati si kecil. Bila khawatir kulit bayi sensitif, Anda bisa meneteskan minyak pada pakaian atau seprai di ranjangnya.
Source: https://kumparan.com/@kumparanmom/cara-lindungi-bayi-dari-gigitan-nyamuk
Posted on: February 28, 2018
WhatsApp us