21 Kasus Baru Virus Zika Lokal Dikonfirmasi di Thailand

21 Kasus Baru Virus Zika Lokal Dikonfirmasi di Thailand

Jakarta, Sebanyak 21 kasus transmisi lokal virus Zika telah dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand pada hari Minggu (11/9) lalu. Kasus diketahui berasal dari distrik Sathorn di Bangkok dan penduduk setempat telah diimbau untuk tidak panik.

Salah satu pasien yang positif Zika adalah wanita hamil. Menurut juru bicara kementerian Suwannachai Wattanayingcharoenchai, ia melahirkan dengan selamat. Sang anak dilaporkan tak alami kecacatan seperti mikrosefali, yang disebut bisa dipicu oleh Zika.

“Sejauh ini belum ada kematian atau komplikasi, oleh karena itu saya menghimbau kepada saudara-saudara untuk tidak panik,” kata Suwannachai seperti dikutip dari Reuters pada Selasa (13/9/2016).

Sekitar 16 dari 76 provinsi yang ada di Thailand sejak Januari 2016 sebetulnya telah dikonfirmasi memiliki kasus Zika. Menurut Suwannachai hingga sekarang sudah ada 30 wanita hamil yang positif terinfeksi, dan telah dimonitor ketat. Enam di antaranya sukses melahirkan tanpa ada kecacatan.

Kabar transmisi lokal virus Zika di Thailand ini menyusul kabar tengah mewabahnya Zika di Singapura. Hingga Minggu (11/9) pemerintah Singapura telah mencatat ada 329 orang terinfeksi Zika dan delapan di antaranya adalah wanita hamil.

Zika kini menjadi perhatian khusus karena dampaknya yang oleh World Health Organization (WHO) disebut bisa menyebabkan mikrosefali, kecacatan karena otak tak berkembang sempurna. Selain itu belakangan virus juga telah dikonfirmasi dapat memicu penyakit saraf langka Guillain-Barre Syndrome (GBS).

 

Source: http://health.detik.com/read/2016/09/13/070300/3296507/763/21-kasus-baru-virus-zika-lokal-dikonfirmasi-di-thailand?l992205755

Posted on: September 14, 2016
WhatsApp us