Agar Tak Terinfeksi Zika, Ibu Hamil Ini Pakai Baju Mirip Astronot Tiap Keluar Rumah

Florida , Sloane Borr (29) tinggal di Florida dan sedang hamil. Ia pun meningkatkan kewaspadaannya karena salah satu kota di Florida, Miami, sebanyak 111 ibu hamil terinfeksi virus zika.

Tak tanggung-tanggung, Borr melakukan antisipasi dengan lebih banyak tinggal di rumah. Ketika keluar, ia akan mengenakan hazardous materials suit atau hazmat suit, pakaian kedap yang menutupi seluruh tubuh sebagai perlindungan terhadap bahan-bahan berbahaya, lengkap dengan tudung kepala, topi, juga kelambu di wajahnya.

Kekhawatiran wajar dirasakan Borr. Sebab, meski belum bisa dipastikan hubungannya, ada kaitan kejadian bayi mikrosefali dengan virus zika yang menginfeksi ibu hamil. Dalam keterangannya, Centers for Disease Control (CDC) menetapkan Wynnwood dan Miami Beach sebagai daerah yang mesti dijauhi sementara.

Namun, baru-baru ini kawasan di Little River yang dekat dengan tempat tinggal Borr disebut juga mesti dijauhi sementara.

“Ketika saya melihat gambat bayi dengan mikrosefali, saya menangis. Sebelumnya seperti amat jauh terjadi tapi kini, virus zika ada di daerah rumah saya. Zika benar-benar sudah mengganggu kehamilan saya,” kata Borr, seperti dilaporkan Miami Herald.

Sebelumnya, Borr juga menjalani tes di Boston setelah mengetahui bahwa zika sudah menyebar di Florida. Tak hanya Borr, wanita hamil bernama Allison Haberstroh dan suaminya Tom juga terpaksa ‘mengungsi’ ke North Carolina untuk mengantisipasi virus zika.

Miami Herald juga melaporkan ada wanita hamil bernama Laura Allan yang menggunakan semacam jaring untuk melapisi pakaiannya guna menghindari gigitan nyamuk. Meski ia kerap dipandang aneh oleh orang lain saat keluar rumah, Allan tak mempermasalahkan itu.

Dikutip dari situs cdc.gov, disarankan wanita hamil tidak melakukan perjalanan ke negara yang terinfeksi zika. Jika terpaksa melakukan perjalanan, bicaralah dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan untuk menentukan upaya antisipasi yang bisa dilakukan.

Jika pasangan Anda baru bepergian dari daerah yang terinfeksi zika, lindungi diri dari risiko terinfeksi zika yang didapat melalui hubungan seks. CDC mengingatkan jika 2 minggu setelah pergi ke daerah terinfeksi zika Anda mengalami gejala, segera lakukan pemeriksaan. Tes juga tetap perlu dilakukan meski Anda tidak mengalami gejala.

“Jika Anda tinggal di daerah yang terinfeksi virus zika, bicaralah dengan dokter Anda. Karena ada risiko lebih tinggi, Anda perlu melakukan tes di kunjungan prenatal pertama dan tes kedua di trimester kedua kehamilan. Jika Anda memiliki gejala yang dicurigai zika, tes tetap harus dilakukan,” tulis CDC.

Source: http://health.detik.com/read/2016/10/26/123234/3329738/763/agar-tak-terinfeksi-zika-ibu-hamil-ini-pakai-baju-mirip-astronot-tiap-keluar-rumah

Posted on: October 28, 2016
WhatsApp us