Kalau Kamu Takut, Kecoa Malah Deketin Kamu, Loh

Yang takut banget kecoa alias mengidap katsaridaphobia pasti selalu jauh-jauh dan menghindar dari serangga yang satu ini. Soalnya, kalau tiba-tiba muncul, kamu langsung teriak dan menjerit-jerit sambil loncat ke sana ke mari. Terus, yang jadi masalah, semakin kamu takut dan teriak sekencang-kencangnya, si kecoa malah makin bersemangat mendekati kamu. Eh, kenapa bisa begitu, ya? Masa iya kecoa bisa membaca pikiran dan tahu kalau kamu takut?

Sebenarnya, kecoa bukan bisa membaca pikiran, sih. Tapi, kecoa memang bisa ‘mencium’ aroma ketakutan kamu. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Case Western Reserve University, Claveland, Amerika, kecoa punya radar yang bisa mendeteksi rasa takut seseorang yang ada di sekelilingnya. Dan, sebagai bentuk pertahanan diri dari kamu yang siap-siap memukulnya dengan sandal jepit, dia terbang dan berbalik memburu kamu.

Kalau kamu tenang-tenang aja dan nggak nunjukkin rasa takut, hewan ini nggak bakalan datang mendekat. Paling-paling lewat di depan kamu tanpa permisi aja. Karena kamu tenang, radarnya nggak bisa nangkap sinyak ketakutan kamu. Makanya, dia juga anteng-anteng aja lewat sambil naik turunin kumisnya yang panjang.

Tapi, ya itu tadi kalau memang dasarnya fobia, ujung-ujungnya udah pasti akan lari begitu melihat kecoa. Tapi, makin kamu lari, makin semangat juga si serangga mengejar karena mencium ketakutan kamu. So, enaknya gimana, ya? Pura-pura nggak takut? Atau, diam mematung dan pasrah sekalian?

Posted on: November 9, 2016
WhatsApp us