WHO Nyatakan Zika Sudah Bukan Kedaruratan Internasional

Jakarta, Organisasi kesehatan dunia WHO akhirnya menyatakan bahwa Zika sudah bukan merupakan kedaruratan internasional. Namun demikian, virus ini tetap diwaspadai sebagai ancaman global.

Virus yang telah ditemukan menyebar di 60 negara sejak wabah di Brazil beberapa waktu lalu ini masih akan terus menyebar di tempat yang ada nyamuk perantaranya. Penularan virus Zika diperantarai nyamuk Aedes, jenis nyamuk yang sama seperti pembawa virus Dengue.

Dengan dicabutnya status darurat internasional, Zika kini berada di kelompok yang sama dengan penyakit lain seperti halnya Dengue. Artinya masih mempunyai risiko serius dan butuh riset berkelanjutan, termasuk pengembangan vaksin yang efektif.

Dilaporkan Reuters, Sabtu (19/11/2016), sejumlah pakar mengkritik kebijakan WHO tersebut. Dicabutnya status darurat internasional dikhawatirkan bakal memperlambat riset tentang virus tersebut.

WHO pada Februari silam menetapkan Zika sebagai ‘public health emergency of international concern’. Ketika itu, infeksi Zika tengah mewabah di Brazil dan dibarengi sejumlah temuan tentang keterkaitannya dengan mikrosefali dan penyakit saraf langka Guillain Barre Syndrome (BGS).

Selama ini, infeksi Zika dianggap bukan infeksi yang serius. Gejalanya jauh lebih ringan dibandingkan dengan infeksi Dengue, dan biasanya akan pulih dengan sendirinya. Adanya keterkaitan dengan mikrosefali dan GBS membuat Zika jadi perhatian internasional.

 

Source: http://health.detik.com/read/2016/11/19/080954/3349135/763/who-nyatakan-zika-sudah-bukan-kedaruratan-internasional

Posted on: November 19, 2016
WhatsApp us