Jangan Buang Kulit Pisang, Ini Enam Kegunaannya

Kulit pisang bisa digunakan untuk berbagai hal, salah satunya pupuk.

Pisang adalah salah satu buah favorit banyak orang. Daging buah ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mengisi perut hingga merawat kecantikan.

Namun, tidak hanya daging buah pisang, kulitnya pun bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan lain. Ini tentu lebih baik ketimbang membuangnya.

Seperti dilansir dari laman Sustainable America, sampah kulit pisang menghasilkan gas metana, yaitu gas yang lebih berpotensi memicu gas rumah kaca 21 kali lebih hebat ketimbang karbondioksida.

Menurut Envionmental Protection Agency Amerika, sisa makanan menyumbang 20 persen emisi gas metana dunia.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan buang kulit pisang Anda karena ternyata kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal berguna. Berikut di antaranya:

Pupuk tanaman tomat

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli pupuk, kulit pisang bisa jadi solusi. Cukup tutupi bagian tanaman tomat Anda dengan kulit pisang. Dengan cara ini tanaman tersebut bisa menyerap nutrisi yang ada dalam kulit pisang.

Menyemir sepatu

Ini berlaku untuk sepatu berbahan kulit. Gosokkan kulit pisang pada sepatu yang butuh disemir. Setelah itu, selesaikan dengan mengelap sepatu dengan kain. Kandungan kalium pisang membuat sepatu lebih mengkilat dan kandungan minyaknya membuat sepatu menjadi lebih tahan lebih lama.

Sumber serat

Kulit pisang juga mengandung banyak nutrisi penting seperti antioksidan dan serat. Rebus kulit pisang terlebih dahulu selama 10 menit. Haluskan dengan mixer dan jika ingin menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan potongan buah lain. Jangan lupa pastikan kulit pisang sudah dibersihkan dari pestisida yang menempel.

Merebus daging

Menggunakan pisang dalam air rebusan daging akan membuat daging menjadi lebih empuk. Tidak hanya itu, air rebusan dengan pisang ini juga mencegah daging menjadi kering saat dimasak.

Meredakan gatal dan ruam

Jika Anda merasa gatal karena gigitan nyamuk, kulit pisang bisa jadi solusi. Gosokkan kulit pisang pada bagian yang gatal. Cara ini dipercaya dapat meredakan rasa gatal.

Makanan hewan

Tidak hanya untuk manusia, hewan pun bisa diberi makan kulit pisang. Keringkan kulit pisang terlebih dahulu, haluskan. Anda bisa gunakan kulit pisang sebagai makanan ternak atau memberi makan burung di taman.

Ilustrasi pisang

(ase)

 

Source: http://life.viva.co.id/news/read/855597-jangan-buang-kulit-pisang-ini-enam-kegunaannya

Posted on: December 5, 2016
WhatsApp us