Anak Anda Sering Sakit? Ini Sebabnya

TEMPO.CO, Jakarta – Anak-anak lebih sering terserang penyakit daripada orang dewasa. Salah satu penyebabnya, karena sistem kekebalan tubuh mereka belum terbangun sempurna. Penyebab lain? Coba Anda lihat di sekeliling kamar Anda. Apakah banyak kotoran dan debu di rumah Anda? Tumpukan sampah juga menggunung? Lembab? Banyak air menggenang?

Itu bisa jadi sarang kecoa. Tahukah Anda, kecoa adalah sejenis serangga yang dapat menyebabkan beragam penyakit seperti diare, desentri, kolera dan demam tifoid.

Anda terkejut? Menurut laman thehealthsite, inilah fakta tentang kecoa dan penyakit yang bisa ditimbulkan oleh kecoa, yang mengancam kesehatan anak Anda di rumah:

#Mengapa dan bagaimana kecoa bisa menimbulkan penyakit?
Meski berbau, kecoa tidak menyebabkan penyakit secara langsung. Mereka hanya bertindak sebagai pembawa penyakit. Meski menjijikkan, kecoa dapat hidup dimana saja dan makan apa saja, termasuk di antaranya pada kotoran manusia dan sisa makanan di tempat sampah. Mereka akan membawa bakterinya menyebar ke seluruh rumah.

#Penyakit yang disebabkan karena kecoa

*Diare
Menurut WHO, kecoa dikenal sebagai pembawa organisme penyebab penyakit diare. Bakteri seperti E. Coli, Salmonella, Shigella dan Aeromonas akan menempel di tubuh kecoa dan menyebar ke segala sudut rumah.

*Infeksi perut (gastroenteritis)
Infeksi pada perut dapat menuju penyakit diare, dan gangguan pada perut yang disertai demam. Ini dapat terjadi jika anak Anda mengkonsumsi makanan dan air yang terkontaminasi bakteri Alcaligenesfaecalis, Proteus mirabilis, Pseudomonas dan Salmonella. Kecoa biasanya bersembunyi kotoran di dapur seperti dalam cangkang telur atau makanan yang tersembunyi di dapur Anda.

*Keracunan makanan
Jenis lain dari gangguan pencernaan adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Serratia, Clostridium perfringens dan Salmonella. Semua bakteri ini menempel dan terbawa di tubuh kecoa.

*Tifoid
Kecoa sangat dikenal sebagai pembawa bakteri penyebab penyakit. Hal ini bahkan diakui oleh WHO. Tifoid disebarkan oleh kecoa yang makan atau berjalan di atas kotoran manusia, yang terkontaminasi bakteri ini. Selanjutnya, bakteri ini tersebar di makanan Anda, dan juga bahan mentah untuk memasak.

*Asma
Hewan biasanya sangat berbahaya bagi penderita asma dan orang dengan gangguan pernafasan. Kecoa merupakan pemicu timbulnya serangan asma, pneumonia dan gangguan pernafasan yang lain.

*Infeksi pada luka
Anak Anda memiliki luka akibat terjatuh dari sepeda atau terkena benda tajam? Mungkin itu hal yang biasa terjadi pada anak. Namun tahukah Anda bahwa kecoa juga membawa organisme yang dapat membuat luka tersebut menjadi luka yang lebih fatal yang disebut Septicaemia? Namanya bakteri Clostridium. Ini bakteri yang umum ditemukan dalam tubuh kecoa, selain E. Coli dan Salmonella.

#Cara menghindari kecoa

Menurut WHO, begini cara menghindari kecoa:
*Simpanlah makanan Anda dalam wadah tertutup rapat
*Tutup rapatlah tempat sampah dan buanglah secara rutin
*Gunakan bahan makanan mentah yang bersih untuk persiapan memasak. Hindari lubang atau ketidakrapian pada sayur dan buah.
*Pakailah insektisida untuk membunuh serangga
*Jauhkan serangga dari areal dapur

Source: https://cantik.tempo.co/read/news/2017/01/09/336833921/anak-anda-sering-sakit-ini-sebabnya

Posted on: January 9, 2017
WhatsApp us