Warga Resah, Wabah Nyamuk Hijau Mengganas

BANYUWANGI, BALIPOST.com – Warga di Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, belakangan resah. Pemicunya, wabah nyamuk hijau mengganas di kawasan ini.

Meski belum ada korban jiwa, fenomena ini membuat warga was-was. Apalagi, populasi nyamuk berukuran besar itu terus bertambah, melanda hampir di setiap rumah warga.

Tak hanya di pekarangan, kawanan nyamuk yang jumlahnya ribuan menempel di dinding dalam rumah warga. Yang aneh, meski sudah dibasmi dengan obat antiserangga, populasi nyamuk tetap saja bertambah, tak berkurang sedikitpun.

Sepintas, bentuk nyamuk hijau yang meresahkan warga ini mirip nyamuk biasa. Bedanya, ukurannya lebih besar. Warna kulitnya kehijauan, ekornya lebih panjang.

Munculnya serangan nyamuk hijau ini sudah terjadi sejak dua bulan terakhir. “Nyamuknya hijau, ekornya panjang. Banyak menempel di tembok rumah warga. Ini yang meresahkan,” kata Wanti, salah satu warga Desa Karangdoro, Selasa (10/1).

Wanita ini mengaku belum mengetahui jenis nyamuk yang menyerang desanya. Apalagi, fenomena ini baru kali ini terjadi. Kondisi ini, kata dia, membuat risih.

Sebab, banyak nyamuk yang menempel di dinding rumah. Meski sudah disemprot, kata Wanti, kawanan nyamuk itu hanya menghilang sejenak. Lalu, kembali lagi beberapa jam kemudian. “Kalau nyamuknya nempel di kulit, membuat gatal. Kalau seperti ini kan beresiko, warga resah,” keluhnya.

Ketua RT setempat, Suwedi membenarkan serangan nyamuk hijau di daerahnya. Pria ini mengaku, selama menetap di kawasan itu, fenomena aneh ini baru dirasakan kali ini.

Menurutnya, populasi nyamuk ini datang dari bantaran sungai. Kebetulan, posisi desanya berada di dekat aliran sungai besar. “Kebanyakan menyerang Desa Karangdoro. Ini kan dekat aliran sungai dari Kalibaru, terus mengalir ke sini,” jelasnya via telepon.

Populasi nyamuk hijau itu, kata Suwedi muncul dan beterbangan di malam hari. Sedangkan saat siang, kebanyakan menempel di dinding rumah warga. (Budi Wiriyanto/balipost)

Source: http://balipost.com/read/berita/2017/01/11/70818/warga-resah-wabah-nyamuk-hijau-mengganas.html

Posted on: January 11, 2017
WhatsApp us