Hindari Sajian Tercemar dengan Memilih Restoran yang Higienis

Baru-baru ini terdengar lagi keluhan seorang pelanggan restoran steak di media sosial. Vyna, pelanggan itu mengunggah foto sisa makanannya yang tercemar serangga di facebook. Ia menemukan serangga yang diduga kecoa saat sedang menggigit steak. Kasus itu telah mendapat tanggapan resmi dari pihak restoran.

Menemukan serangga atau keracunan makanan pasti jadi mimpi buruk bagi setiap orang yang hobi jajan. Meski setiap restoran tentu akan menjaga kualitas sesuai prosedur dan standar kebersihan dapur komersil yang diatur dalam sertifikasi HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point), tidak ada salahnya kita lebih cermat saat memilih tempat makan. Walaupun kita tidak bisa mengintip dapur restoran tersebut, setidaknya, pastikan restoran pilihan Anda memenuhi 5 syarat yang menjadi bagian dari Standar Sehat Rumah Makan dan Restoran yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan RI.

1/ Staf restoran membersihkan meja-meja makan dengan larutan pembersih.Dinding-dinding dan jendela bersih dari debu. Lantai restoran juga selalu dijaga bersih dan kering. Tidak ada sisa-sisa makanan berjatuhan di lantai. Restoran yang sudah mendapatkan sertifikat HACCP atau sertifikasi sanitasi biasanya juga akan menampilkan stiker atau sertifikatnya di bagian depan counter.

2/ Penampilan staf restoran bersih dan rapi, mengenakan sarung tangan sekali pakai, terutama saat mengolah bahan makanan. Beberapa restoran dengan dapur terbuka memungkinkan Anda melirik para peramu menunya. Tim dapur juga diharuskan memakai topi chef karena rambut dapat mengandung bakteri dan mencemari makanan jika terjatuh ke dalam makanan. Staf dapur juga tidak menggunakan perhiasan dan jam tangan yang menjadi media bakteri dan menyebabkan terjadinya kontaminasi pada makanan.

3/ Perhatikan juga peralatan saat mereka menyiapkan makanan. Bahan mentah seperti daging dan sayuran segar, seperti salad harus disimpah dalam wadah terpisah untuk menghindari kontaminasi silang.

4/ Wastafel dan Toilet. Ada wastafel  yang dilengkapi dengan bak penampung dan saluran pembuangan Setiap wastafel dilengkapi dengan sabun cuci tangan, tisu, dan cairan cuci tangan antimikroba dan alat pengering. Fasilitas cuci tangan ditempatkan sedemikian rupa sehingga mudah dicapai oleh tamu atau karyawan.

Begitu pula toilet harus selalu bersih, tidak ada tetesan air dan sumbatan. Toilet tidak berhubungan langsung dengan dapur, ruang persiapan makanan, ruang tamu dan gudang makanan. Toilet untuk wanita terpisah dengan toilet untuk pria, begitu juga toilet pengunjung terpisah dengan toilet untuk tenaga kerja. Toilet dibersihkan dengan deterjen dan alat pengering seperti kain pel, tersedia cermin, tempat sampah, tempat abu rokok dan sabun. Lantai dibuat kedap air, tidak licin mudah dibersihkan. harus tersedia bak dan air bersih dalam keadaan cukup dan peturasan harus dilengkapi dengan air yang mengalir.

5/ Tempat sampah tertutup dan tidak berantakan agar terlindung dari serangga, serangan tikus hingga mengundang datangnya nyamuk. Restoran yang baik juga akan memiliki sistem pembuangan limbah tertutup. (f)
Source: http://www.femina.co.id/Trending-Topic/hindari-sajian-tercemar-dengan-memilih-restoran-yang-higienis-

Posted on: January 13, 2017
WhatsApp us