Barang di Kamar Tidur Ini Bisa Jadi Sumber Penyakit

Dream – Bangun tidur bukan merasa segar tapi tubuh lebih lelah? Malah kadang disertai mual, sakit kepala, bersin atau sakit tenggorokan? Hal ini bisa jadi tanda kalau barang-barang di kamar tidur kotor dan menggangu pernapasan.

Segera bersih-bersih barang-barang berikut. Tumpukan debu, bahkan jamur dan bakteri akan dengan mudah memapari tubuh. Coba tengok barang berikut, jangan biarkan kesehatan Anda jadi taruhannya.

Bantal
Bantal juga tempatnya berkembang biak bakteri, jamur, dan tungau debu yang bisa memicu gejala alergi seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, dan gangguan pernapasan. Bantal setidaknya harus diganti setahun sekali jika tidak bisa dicuci dan ganti sarung bantalnya setiap satu minggu sekali. Bentuk bantal yang sudah tidak karuan juga perlu diperhatikan karena bisa membuat leher kaku atau sakit pada bahu.

Tanaman
Tanaman memang membuat kamar tidur jadi lebih berwarna dan bahkan membantu menjernihkan udara. Tapi tanah dari tanaman tersebut bisa membuah rumah menjadi tempat
berkembangnya jamur yang menyebabkan gejala alergi seperti asma. Solusinya hanya beri air ketika tanah di bagian atasnya kering dan tidak pernah membiarkannya penuh air.

Jendela
Jika jendela kamar Anda ditutup secara permanen, bersiap Anda akan menghadapi polutan seperti debu, uap dari produk pembersihan, senyawa dari wewangian, hairspray, deodorant, dan
cat kuku. Sesekali buka jendela kamar Anda dan biarkan udara segar bersikulasi.

Kasur
Anda menghabiskan sepertiga dari hidup di atas kasur. Kelupasan kulit, keringat, tungau debu, bakteri, debu, dan kotoran menumpuk. Untuk itu, asur harus dibersihkan
secara rutin dan dilindungi dengan pelindung kasur agar tidak ada tungau debu serta kutu kasur. Selain itu perhatikan kasur yang kemungkinan sudah berusia lebih dari lima tahun karena tidak bisa menyangga dengan baik.

Keset
Umumnya setiap kamar memiliki keset yang ditaruh di depan pintu kamar tidur. Sama halnya dengan karpet, keset mengandung banyak debu kecil, noda, bulu-bulu binatang jika Anda
memelihara binatang, dan kotoran yang berasal dari kaki atau sepatu. Bersihkan keset paling tidak seminggu sekali dan cuci setiap bulan untuk mencegah alergi yang akan timbul.

 

Source: https://parenting.dream.co.id/decor/barang-di-kamar-tidur-ini-bisa-jadi-sumber-penyakit-170427u.html

Posted on: May 5, 2017
WhatsApp us