Gak Harus Setiap Hari, Inilah Waktu Tepat Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah merupakan kegiatan yang wajib dilakukan. Bila tidak, rumah akan menjadi kotor dan dipenuhi bakteri. Meskipun begitu, tidak seluruh area atau peralatan di rumah harus dibersihkan setiap hari. Ada beberapa area dan peralatan rumah yang justru seharusnya dibersihkan dalam periode waktu tertentu. Berikut penjelasan selengkapnya dari brighstide.me!

Yang ini perlu dibersihkan SETIAP HARI.

 

Area yang harus dibersihkan antara lain ubin kamar mandi menggunakan squeegee (Alat dengan pisau datar dari karet yang biasanya digunakan untuk menghapus cairan dari permukaan datar),dan meja makan menggunakan kain basah untuk menghilangkan sisa makanan yang masih menempel pada permukaan meja makan.

Selain itu, piring kotor tidak baik bila dibiarkan semalaman apalagi bila direndam air. Karena air yang kotor justru menjadi tempat bakteri berkembang biak. Mencuci baju juga sebaiknya dilakukan setiap hari supaya bakteri dalam baju kotor tidak berkembang biak (Tidak berlaku untuk seprei).

 

Gak perlu setiap hari, hanya beberapa kali atau sekali dalam seminggu sudah cukup kok.

Beberapa area berikut ini, seperti rak penyimpanan dan lantai (Selain lantai kamar mandi) tidak perlu dibersihkan setiap hari, yang disarankan adalah seminggu sekali. Namun bila memiliki anak kecil atau hewan peliharaan sebaiknya dibersihkan dua hari sekali. Untuk membersihkan rak penyimpanan bisa menggunakan larutan disinfektan.

Seprei tidak termasuk dalam golongan pakaian yang harus dicuci setiap hari. Namun mengingat kemungkinan adanya tungau maka seprei harus diganti dan dicuci seminggu sekali, terpisah dari pakaian menggunakan air bersuhu tinggi. Kain pel atau kain lap sebaiknya juga dicuci seminggu sekali.

Perabotan rumah tangga dapat dibersihkan menggunakan kain microfiber (Tidak akan meninggalkan goresan),serta permukaan keran dan bagian lainnya pada kamar mandi juga dibersihkan dengan produk yang tidak mengandung asam kuat atau klorin.

 

Kalau yang ini sebulan sekali aja.

Meski microwave jarang dipakai oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, namun bila kamu memilikinya di rumah jangan lupa untuk membersihkannya sebulan sekali, menggunakan baking soda yang sudah dicampur dengan air lalu disemprotkan ke bagian dalam microwave. Karena baking soda dapat membersihkan sekaligus menghilangkan bau tak sedap pada microwave.

 

Source: https://life.idntimes.com/family/nyoo-lian-hwa/waktu-yang-tepat-membersihkan-rumah-c1c2/full

Posted on: August 29, 2017
WhatsApp us